JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

TOT Pertanian Perkotaan

TOT Pertanian Perkotaan.

Badan Litbang Pertanian-Kementerian Pertanian bekerjasama dengan SIKIB dan PT. Unilever telah melaksanakan TOT Pertanian Perkotaan di beberapa Provinsi, salah satunya di Kalimantan Selatan. TOT ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan mengenai pertanian yang dapat diterapkan oleh para tokoh penggerak pertanian di perkotaan, khususnya di Kota Banjarmasin sebagai wilayah perkotaan binaan PT. Unilever.

TOT dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2013, yang dihadiri oleh 60 peserta yang merupakan representasi dari masyarakat perkotaan Banjarmasin. Kepala BPTP Kalimantan Selatan, yang diwakili oleh Dr. Aidi Noor, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat baik karena tidak hanya dapat membantu keluarga dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan pangan dan gizi, tapi melalui penerapan konsep KRPL (pemanfaatan pekarangan dengan tanaman pangan, toga, dll) juga dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan. Menurut Kepala Balai, jika konsep KRPL ini benar-benar diterapkan maka pertanian perkotaan yang dilaksanakan adalah pertaian organik yang ramah lingkungan. Dalam kesempatan tersebut juga hadir dan memberikan sambutan antara lain Perwakilan dari Kementerian Pertanian dan PT. Unilever Pusat, yang menyampaikan harapan agar peserta yang merupakan peserta terpilih dapat mengikuti kegiatan secara keseluruhan dengan baik dan setelah itu menyampaikannya kepada masyarakat di lingkungan masing-masing. Ketua Yayasan Kompas Borneo sebagai Mitra Unilever di Kalimantan Selatan juga mengajak seluruh peserta agar konsep dan teknik-teknik atau pengetahuan pertanian yang disampaikan oleh pada trainer dari BPTP Kalimantan Selatan benar-benar diterapkan di setiap lingkungan, sehingga akan dapat diciptakan suasana hijau dan segar di setiap rumah. Beliau mengibaratkan hal tersebut dengan surga dunia, sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah shallallahu alihi wasallam agar menjadikan rumah kita seperti layaknya surga yang nyaman didiami, dimana kita begitu mudah memetik buah, sayur dan pangan lain secara langsung dan aman di halaman rumah.

Pelaksanaan TOT dilakukan melalui 2 tahap, yaitu penyampaian materi dan praktek di lapang. Materi pelatihan terdiri dari : 1) Konsep Pertanian Perkotaan, 2) Teknik Motivasi Masyarakat, 3) Budidaya Tanaman Pada Pertanian Perkotaan dan 4) Pengendalian OPT Ramah Lingkungan. Acara dilanjutkan dengan praktek lapang, dengan materi praktek : 1) Pembuatan Pupuk Organik menggunakan limbah pertanian dan sampah kota, 2) Teknik Persemaian, Pindah Tanam dan Pemeliharaan Tanaman, dan 3) Pembuatan Pestisida Hayati/Organik. Sebelum ditutup, peserta diberi kesempatan untuk mempraktekkan secara langsung seluruh materi dan melakukan kunjungan ke lokasi M-KRPL. (admin-agus hasbi)


Pin It