JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

TOT Pertanian Ramah Lingkungan Bagi Siswa Se-Kabupaten Banjar

Pertanian merupakan salah satu sektor andalan bagi perekonomian Kabupaten Banjar. Beberapa komoditas unggulan yang diusahakan antara lain karet, jeruk, padi dan ternak, sementara untuk komoditas hortikultura seperti sayuran belum diusahakan secara luas. Potensi lahan pekarangan di Kabupaten Banjar baik di lingkungan rumah tangga maupun fasilitas umum cukup luas, namun masih belum di manfaatkan terutama untuk tanaman yang diperlukan oleh keluarga sehari-hari seperti sayuran, TOGA dan ikan. Untuk memperkenalkan dan mendorong pemanfaatan lahan pekarangan tersebut, Pemerintah Kabupaten Banjar memulainya dengan memperkenalkan pertanian kepada anak-anak sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA. Untuk itulah, BPTP Kalimantan Selatan memberikan fasilitasi berupa materi dan trainer terkait dengan pertanian ramah lingkungan.

TOT diikuti oleh wakil siswa dari 5 sekolah pilihan se-Kabupaten Banjar dan dibuka oleh Sekda Kabupaten. Membuka acara, Kepala BPTP Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Ir. Retna Qomariah, M.Si menyampaikan rasa gembira atas minat Pemerintah bersama anak-anak sekolah terhadap bidang pertanian. Kepala Balai juga menyampaikan agar komunikasi dan transfer ilmu pengetahuan tentang teknologi pertanian diantaranya melalui TOT tersebut dapat terus dilanjutkan dan BPTP Kalimantan Selatan bersedia untuk mendampinginya.

Materi TOT mengenai teknik budidaya tanaman ramah lingkungan, yang dimulai dari pengenalan komponen budidaya, benih yang unggul dan bermutu, teknik persemaian hingga pemeliharaan yang disampaikan oleh Agus Hasbianto dan Mukarji. Kegiatan dilanjutkan dengan praktek persemaian, pengenalan KBD dan pemeliharaan tanaman serta kunjungan lapang. Peserta (Sekda, Kadistanbunnak, Guru dan siswa) selama kegiatan sangat antusias, baik selama penyampaian materi, sesi diskusi hingga kegiatan di lapang. (admin-agus hasbi)


Pin It