JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kelompok Tani Bumbuhak Terapkan Varietas Unggul Baru Padi Badan Litbang Pertanian

Kelompok Tani (poktan) Bumbuhak yang berdiri sejak tanggal 12 Februari 1979 merupakan salah satu poktan yang aktif di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Seperti poktan lainnya, kegiatan poktan Bumbubak awalnya juga usahatani padi untuk keperluan konsumsi dan selebihnya dijual. Selama beberapa tahun, BPTP Kalimantan Selatan mengajak kerjasama poktan Bumbuhak untuk melaksanakan kegiatan pengujian galur dan uji adaptasi varietas unggul padi hasil pemuliaan Badan Litbang Pertanian.

Pengujian galur dan uji adaptasi varietas unggul baru padi tersebut sebelumnya hanya dilakukan pada hamparan yang sempit, sekitar 1 – 2 hektar. Pada tahun 2013, pengujian dilakukan dalam skala yang lebih luas (demfarm) yaitu 5 hektar. Poktan Bumbuhak yang memiliki pengalaman lama dalam usahatani padi serta didukung oleh ketersediaan lahan sawah yang mencapai 44 hektar, sehingga mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan pengujian ataupun produksi benih dan padi konsumsi dalam skala luas.

Oleh karena itu, selain kerjasama dengan BPTP Kalimantan Selatan, poktan Bumbuhak juga mendapat bimbingan dari petugas dan instansi teknis di Kabupaten Hulu Sungai Tengah khususnya BPP Haruyan. Dengan berbagai pengalaman dan bimbingan teknis yang kontinyu, sejak tahun 2012 poktan Bumbuhak berkembang menjadi kelompok penangkar benih padi dan mampu memasok kebutuhan benih padi bermutu hingga 40 ton. Beberapa varietas yang ditanam diantaranya Ciherang, Mekongga, Inpari 8 dan Inpari 9.

Teknis budidaya padi juga telah menerapkan pendekatan PTT, yaitu penggunaan varietas unggul, pengaturan populasi secara optimum, pemupukan berdasarkan kebutuhan tanaman dan status hara tanah, penggunaan bibit muda dan komponen lainnya.

Keberhasilan usahatani poktan Bumbuhak juga didukung dengan tersedianya irigasi teknis, sehingga mendukung dicapainya produktivitas yang tinggi. Kawasan Haruyan sudah dikenal sebagai kawasan irigasi teknis paling baik di Kalimantan Selatan.

Selain produksi benih padi unggul bermutu, poktan Bumbuhak juga telah mengembangkan jasa pelayanan alsintan. Usaha pelayanan jasa tersebut tidak hanya mampu melayani anggota poktan saja tapi juga poktan lain yang berada disekitarnya. Usaha tersebut didukung dengan 4 unit traktor, 1 unit paddy mower dan mesin pompa 1 unit. Fasilitas lain yang dimiliki yaitu gudang simpan dan lantai jemur. (admin - agh)

Pin It