JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Silaturrahim (Halal bi Halal) di Hari Fitri, 1434 H

 

Kebahagiaan terpancar dari wajah-wajah staf BPTP Kalimantan Selatan, setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa dengan semangat aktivitas yang tetap tinggi, pada hari ini pimpinan dan seluruh staf bersilaturrahim bertempat di aula utama BPTP Kalsel. Acara didahului dengan tilawah (qira'ah) Al-Qur'an dan dilanjutkan dengan ucapan selamat hari raya dan sambutan Kepala Balai, tausiyah oleh Ustadz Imam dan diakhiri dengan bersalaman saling memaafkan.

Kepala Balai menyampaikan agar kiranya seluruh staf secara lapang dada saling memaafkan, karena dalam menjalankan aktivitas selama setahun ini banyak hal yang bisa terjadi dan mungkin meninggalkan kesan yang kurang berkenan. Selaku pimpinan, Kepala Balai telah melakukan hal tersebut terlebih dahulu dan insya ALLAH akan terus terbuka terhadap semua hal/permasalahan staf. Kepala Balai menambahkan agar kiranya kita terus bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, atas semua nikmat dimana kita adalah ummat yang dimuliakan Allah dari ummat lainnya dengan diberikannya bulan ramadhan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan termasuk rejeki yang telah kita peroleh selama ini. Mengakhiri sambutan, Kepala Balai mengharapkan agar suasana keakraban, saling memaafkan dan kebersamaan sebagaimana dirasakan pada hari yang penuh berkah ini dapat terus dipelihara dan dipertahankan terus menerus dalam menjalankan aktivitas kantor pada hari-hari berikutnya.

Selanjutnya, tausiyah oleh ustadz Imam yang menyampaikan 5 point penting sebagai tambahan ilmu (agama), penyemangat aktivitas dan meningkatkan kebersamaan staf BPTP Kalsel, yaitu (i) ibadah puasa yang telah kita lakukan adalah perwujudan syukur kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala, atas segala nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita, sebagaimana sebelumnya telah disampaikan oleh Kepala BPTP. Point (ii) beliau mengingatkan bahwa bulan Syawwal adalah bulan untuk beribadah kepada Allah (syahrul syawwal syahrul qiyam). Untuk itu seharusnya semangat ibadah yang kita miliki dan laksanakan selama sebulan penuh di bulan ramadhan, terus dipertahankan di bulan syawwal. Pada malam pergantian antara bulan ramadhan dan bulan syawwal, iblis telah memerintahkan syaithon untuk menggoda manusia agar lalai dalam beibadah kepada Allah, diantaranya dengan aktivitas menyiapkan makanan hari raya. Point (iii) ustadz menyampaikan sebuah kisah di masa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tentang seorang pemuda ahli syurga. Ada 3 amal ibadah yang menjadi keutamaan pemuda tersebut, yaitu a. sebagai pedagang pemuda mengambil keuntungan sedikit dari perniagaannya, b. pemuda tersebut senantiasa memaafkan orang lain terlebih dahulu, bahkan sebelum orang lain meminta maaf padanya, dan c. pemuda tersebut ikut bersyukur atas nikmat yang diperoleh oleh orang lain. Point (iv) ustadz menyampaikan salah satu sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang intinya menyatakan bahwa pekerjaan yang paling baik adalah menciptkan pekerjaan untuk orang lain. Menurut beliau, tugas BPTP Kalsel yang menyebarkan teknologi kepada petani dan pihak lainnya termasuk pekerjaan yang laing baik tersebut. Point (v) disampaikan mengenai dialog antara iblis dengan fir'aun, dimana dalam dialog tersebut iblis memuji fir'aun atas keberaniannya mengaku tuhan dan hal tersebut jauh lebih berani dari apa yang telah dilakukan iblis. Selanjutnya, fir'aun bertanya kepada iblis apakah ada yang lebih jahat dari mereka? iblis menjawab ada, yaitu seseorang yang tidak mau memaafkan orang lain. Dialog ini berisi pelajaran penting bagi kita semua untuk memaafkan dan menghindari perbuatan yang tidak terpuji.

Akhir acara, dilakukan bersalaman antara pimpinan dan seluruh staf BPTP Kalimantan Selatan.

Pin It