JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

KALSEL EXPO 2013 MENJADI SARANA DISEMINASI TEKNOLOGI PERTANIAN BADAN LITBANG PERTANIAN

Stand Kelitbangan dalam Kalsel Ekspo 2013

Dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI  ke-68 Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali mengadakan acara rutin tahunan dengan tajuk Kalsel Expo yang diselenggarakan dari tanggal 30 Agustus sampai dengan 5 September 2013 di Lapangan Dr. Murdjani Banjarbaru.

Event tersebut  diikuti oleh SKPD Provinsi dan Kabupaten/ Kota, UPT Pusat wilayah Kalimantan Selatan, BUMD dan pihak swasta, baik perusahaan maupun usaha perorangan, bahkan diikuti oleh beberapa dinas yang berasal dari luar Provinsi Kalimantan Selatan demi dapat mempromosikan kegiatan dan produk unggulannya kepada masyarakat Kalimantan Selatan.

 

Dengan letak tempat yang strategis dan representatif, Kalsel Expo 2013 berhasil menarik perhatian masyarakat Kalimantan Selatan, khususnya yang berada di sekitar Kota Banjarbaru.  Dalam kegiatan ini ditampilkan berbagai hal yang menarik, mulai dari pemeriksaan kesehatan gratis, sampai dengan berbagai hiburan di panggung utama.

SKPD Provinsi dan Kabupaten/ Kota pun tak ingin ketinggalan. Menampilkan produk-produk unggulan dan khas dari wilayah masing-masing, para pemandu berlomba-lomba mempromosikan berbagai kegiatan di masing-masing SKPD sebagai salah satu cara untuk lebih mengenalkan SKPD ke masyarakat luas, terutama para stakeholder sebagai mitra kerja dan sasaran pelayanan mereka.

Sebagai contoh, stand Kabupaten Hulu Sungai Utara yang menampilkan produk dendeng itik sebagai produk unggulan daerah. Sebagaimana diketahui, Kabupaten HSU merupakan salah satu sentra itik di Indonesia, terutama di Kecamatan Alabio. Stand Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang terkenal dengan kue apamnya, tidak lupa menampilkan produk tersebut, disamping juga menampilkan madu kalulut dan kopiah haji yang merupakan produk unggulan karena telah diekspor sampai ke Arab Saudi.

BPTP Selaku salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, berpartisipasi dalam ajang tersebut, bekerjasama dengan instansi kelitbangan di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Bersama dengan Badan Litbang Kehutanan, Baristand Banjarbaru, BPPV Regional 5 Banjarbaru, Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Mandiangin, Balittra Badan Litbang Pertanian, Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian terpadu (BP3T) Tambang Ulang, Balai Arkeologi dan Balibangda Provinsi Kalimantan Selatan,

BPTP Kalimantan Selatan menggabungkan diri dalam Stand Kelitbangan. Berbagai hal ditampilkan oleh masing-masing instansi sebagai perwujudan dari tupoksi masing-masing instansi.

Beberapa tanaman sayuran dalam polibag sebagai perwujudan program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (m-KRPL), Jamu Ternak dan Urea Molases Multinutrient Block (UMMB), beberapa varietas padi unggulan Badan Litbang Pertanian, berbagai poster, liflet serta brosur yang disediakan sukses menarik perhatian para pengunjung untuk memasuki stand BPTP Kalsel. Diskusi seputar kegiatan yang dilaksanakan oleh BPTP Kalsel pun terjadi secara cair interaktif. Mayoritas pengunjung bertanya mengenai tatacara bertanam di lahan pekarangan, pemeliharaan tanaman hingga pengendalian hama dan penyakit. Selain itu, tidak sedikit pengunjung yang tertarik dengan produk jamu ternak untuk dicobakan pada ternak yang mereka pelihara.

Dengan tajuk INOVASI UNTUK KEMAJUAN MASYARAKAT BANUA”, instansi-instansi kelitbangan ini berharap berbagai output yang mereka hasilkan bisa lebih cepat diadopsi oleh masyarakat demi mendorong kemajuan masyarakat Kalimantan Selatan. Selain itu, mereka juga berharap predikat stand terbaik masih dapat mereka pertahankan, seperti yang pernah didapatkan secara berturut-turut di tahun 2011 dan 2012. Semoga. [roen].

Pin It