JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

PERCEPATAN, PERLUASAN, DAN PENGEMBANGAN KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) MELALUI KERJASAMA DENGAN MITRA DI KALIMANTAN SELATAN

Pengembangan m-KRPL di setiap provinsi dilaksanakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), yang dikoordinasikan oleh Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP). Beberapa terobosan yang ditempuh dalam upaya pengembangan KRPL secara masif melalui adalah melalui kerjasama dengan elemen-elemen pemangku kepentingan kunci (key stakeholders), baik di pusat maupun di daerah.  Beberapa elemen pemangku kepentingan kunci tersebut antara lain: Pemerintah Provinsi khususnya Badan Ketahanan Pangan, Pemerintah Kabupaten/ Kota, Kecamatan dan kelurahan/ desa, Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) bersama 6 organisasi perempuan lainnya (Dharma Wanita, Dharma Pertiwi, Konferensi Wanita Indonesia/ KOWANI, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga/ PKK, Aliansi Perempuan untuk Pembangunan Berkelanjutan/ APPB dan Bhayangkari), Organisasi Persaudaraan Muslimah (Salimah), TNI Angkatan Darat, Haryono Suyono Center, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan sebagainya. Sosialisasi konsep KRPL, pelatihan, dan advokasi, serta pengembangan m-KRPL sebagai percontohan untuk komunitas organisasi kemasyarakatan/ pemerintah tersebut diperlukan sebagai upaya pengembangan KRPL secara luas. Tidak hanya itu, pengembangan KRPL pada komunitas tersebut juga sebagai upaya Badan Litbang Pertanian dalam mengembangkan Spektrum Diseminasi Multi Channel (SDMC), agar berbagai inovasi yang dilahirkan dengan cepat diadopsi oleh masyarakat.

Tahun 2013 ini, percepatan pengembangan KRPL di Kalimantan Selatan telah dilaksanakan melalui kerjasama dengan mitra Kementerian Pertanian, yaitu antara Badan Litbang Pertanian dengan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) di Desa Purwosari RT 6 Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala, dengan Persaudaraan Muslimah (Salimah) di Komplek Wildan, Jln Wildan Sari 5 RT 4 Kelurahan Telaga Kota Banjarmasin, dan dengan Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Darat (TNI-AD) di Komplek Perumahan Kodim 1001/ Amuntai dan Koramil Amuntai.

Dasar hukum kerjasama tersebut adalah: (1) MoU Kepala Badan Litbang Pertanian dengan Ketua PP Salimah tanggal 10 Oktober 2011, (2) MoU Menteri Pertanian dengan Solidaritas Istri Kabinet, (3) Nota Kesepahaman antara Menteri Pertanian RI dan Panglima TNI-AD No. 03/MoU/PP.310/M/4/ 2012 dan No. NK/9/IV/2012 tanggal 13 April 2012 tentang Kerja Sama dan Program Pembangunan Pertanian dalam rangka Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional.

Progres pengembangan KRPL berupa penumbuhan percontohan m-KRPL di lingkungan mitra kerja sama di Provinsi Kalimantan Selatan adalah sebagai berikut:

  1. Kerjasama Kementan dengan SIKIB (m-KRPL di Desa Purwosari RT 6 Kec.Tamban Kab.Barito Kuala), kegiatan baru pada tahap koordinasi dengan lembaga terkait dan calon kelompok sasaran, serta penetapan lokasi kegiatan pengembangan.
  2. Kerjasama Kementan dengan Salimah (m-KRPL di Komplek Wildan, Jln Wildan Sari 5 RT 4 Kel.Telaga Kota Banjarmasin, kegiatan sudah sampai pada tahap implementasi, yaitu pelatihan, pendirian Kebun Bibit dan pembenihan tanaman, pengembangan budidaya tanaman sayuran dan toga di pekarangan RPL dan kawasan, serta survei PPH.
  3. Kerjasama Kementan dengan TNI-AD (m-KRPL di di Komplek Perumahan Kodim 1001/ Amuntai dan Koramil Amuntai), kegiatan sampai pada tahap implementasi, yaitu pelatihan, pendirian kebun bibit dan pembenihan tanaman.
Pin It