JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BIMTEK ONLINE “PENGEMBANGAN LAHAN RAWA MENDUKUNG PERTANIAN BERKELANJUTAN SAAT PANDEMI COVID-19 DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN” DI APRESIASI RATUSAN PESERTA

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan mendukung pertanian di Era Pandemi Covid 19, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Bimtek Online Senin (26/07) yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Direktorat Jendral Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Ir. Bambang Pamuji, M.Si sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan ini dengan materi tentang Pemanfaatan Lahan Rawa untuk Ketahanan Pangan mewakili Dr. Ir. Suwandi, M.Si Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan RI.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Ir. Syamsir Rahman, M.S selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan tentang “Strategi Pengembangan Pertanian di Provinsi Kalimantan Selatan”, disampaikan bahwa pemerintah daerah tetap memberikan motivasi kepada petani untuk terus berproduksi meskipun di masa Pandemi Covid-19. Pemateri selanjutnya Ir. Murniati, M.P Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Kuala menyampaikan tentang Pengelolaan Lahan Rawa Pasang Surut di Barito Kuala, dan Dr. Yiyi Sulaeman, S.P.,M.Sc Kepala Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa Kementan RI yang diwakili oleh Dr. Ir. Khairil Anwar, M.S juga menambah pengetahuan peserta terkait komponen teknologi pengelolaan lahan rawa pasang surut dan tata airnya.

Dalam acara ini Kepala BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan Dr. Muhammad Amin, M.Si berkesempatan memberikan materi tentang Peran Inovasi Teknologi dalam Meningkatkan Produksi Padi di Kalimantan Selatan dalam pemaparannya bahwa terdapat 3 tuntutan pertanian di masa depan yaitu Modern, Berdaya Saing dan Berkelanjutan, hendaknya ada inovasi teknologi yang diterapkan seperti (varietas tanaman, sistem tanam, pemupukan, pengendalian HPT dan mekanisasi) salah satunya adalah dengan penerapan pola tanam Jarwo 2:1 yang telah terbukti meningkatkan produksi padi. Adapun manfaat dari penerapan inovasi teknologi adalah dapat mencapai produktivitas dan mutu produk yang tinggi serta aman, sehat dan ramah lingkungan, efisien dalam pengeluaran sumber daya (input), adaptif di lahan sub-optimal dan perubahan iklim serta persisi, spesifik lokasi dan berbasis kawasan. Harapannya ke depan teknologi-teknologi yang telah dikaji oleh BPTP Kalimantan Selatan dapat terus didiseminasikan dengan cara berkolaborasi bersama dinas provinsi, kabupaten dan stakeholder.

Kegiatan yang dimoderatori oleh  H. Imam Subarkah, SP Sekretaris Dinas TPH Provinsi Kalimantan Selatan yang dihadiri sekitar 4000 peserta baik yang mengikuti melalui aplikasi Zoom Metting maupun Youtube dan mendapat apresiasi dari semua peserta yang hadir.

Pin It