JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kencur, Tanaman Rempah Kaya Manfaat yang Mudah Dibudidayakan

Dalam rangka memenuhi anjuran pemerintah untuk mempercepat penganekaragaman pangan dan memperkuat ketahanan pangan masyarakat melalui pemanfaatan pekarangan, juga untuk meningkatkan imunitas tubuh pada masa pandemi covid 19 maka melakukan budidaya tanaman kencur merupakan pilihan yang tepat…mengapa ? Karena tanaman kencur (Kaempferia  galanga L.) mudah dibudidayakan, tidak memerlukan perawatan yang rumit dan pasar masih terbuka lebar. Apabila saat panen harga kencur turun atau belum ada pembeli maka tanaman kencur bisa dilakukan tunda panen. Disamping hal-hal tersebut tanaman kencur mempunyai banyak manfaat sebagai berikut :

1. Manfaat kencur sebagai tanaman biofarmaka : jamu, minuman segar, booster imun.

Kencur dikenal sebagai tanaman obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit karena khasiatnya sebagai ekspetoransia, diuretika, dan stimulansia. Ekspektoran merupakan senyawa yang mempermudah atau mempercepat pembuangan sekret dari bronkus trakea. Senyawa saponin pada rimpang kencur mempunyai daya eskpektoran dengan penurunan viskositas larutan muskus, sehingga dapat digunakan pada sakit batuk. Kencur apabila sudah diolah menjadi minuman seperti beras kencur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah dan menghilangkan masuk angina hal ini dikarenakan didalam kencur terdapat beberapa senyawa seperti minyak atsiri, saponin, flavonoid, polifenol yang diketahui memiliki banyak manfaat. Selain itu kencur juga banyak digunakan sebagai influenza pada bayi, sakit kepala, keseleo, menghilangkan lelah, radang lambung, batuk, memperlancar haid, radang telinga anak, darah kotor, mata pegal, diare, masuk angin.

2. Manfaat  kencur sebagai bahan kosmetik

Etil sinamat dan etil p-metoksi sinamat (EPMS) dari minyak atsiri kencur banyak  digunakan didalam industri kosmetika karena memiliki manfaat sebagai salah satu bahan dasar sediaan kosmetik yaitu tabir surya.  Beberapa penelitian menyatakan bahwa kencur memiliki aktivitas sebagai anti jamur dan anti bakteri. Kandungan minyak atsiri kencur adalah α-pinena, kampena, δ-3-carene, α-pelandrena, limonene, p-simena $$ 4-isopropiltoluena, 7,8-epoksitrisiklo dodekana, 5-metiltrisiklo undek-2-en-4- one, 2-asam propenoat,3-(4-metoksifenil)- ,etilester  dapat digunakan sebagai pelangsing.

3. Manfaat kencur sebagai bumbu dapur

Masakan Indonesia memiliki cita rasa yang kaya. Salah satu faktor yang memengaruhinya adalah rempah-rempah yang digunakan. Menambahkan kencur  pada sejumlah olahan seperti sambal, bumbu pecel, urap sayur, dan seblak akan membuat aromanya makin harum. Aneka sayuran berkuah juga bisa ditambah dengan kencur, seperti pada sayur bening daun katuk, bayam maupun daun kelor.

4. Manfaat  kencur sebagai tanaman hias

Tanaman kencur mempunyai bunga yang cantik berwarna putih ungu. Pemanfaatan kencur sebagai tanaman hias bisa dilakukan dengan menanam kencur pada pot kecil. Tanaman kencur mudah tumbuh dan dapat diambil manfaat estetika bunga kencur.

Disamping itu tanaman kencur juga cukup cantik untuk menghias pagar halaman rumah.


5.  Manfaat kencur sebagai tanaman penutup tanah (konservasi tanah secara vegetatif)

Teknik konservasi tanah di Indonesia diarahkan pada tiga prinsip utama yaitu perlindungan permukaan tanah terhadap pukulan butir-butir hujan, meningkatkan kapasitas infiltrasi tanah seperti pemberian bahan organik atau dengan cara meningkatkan penyimpanan air, dan mengurangi laju aliran permukaan sehingga menghambat material tanah dan hara terhanyut. Penanaman tanaman kencur dimana kencur mempunyai daun lebar dan batang pendek akan melindungi tanah dari erosi, melindungi agregat tanah dari pukulan air hujan serta mengurangi peluang tumbuhnya gulma.

6. Manfaat kencur  sebagai tanaman sela

Tanaman kencur bisa ditanam sebagai tanaman sela atau tumpangsari dengan tanaman lainnya, tanaman kencur bisa  ditanam disela pertanaman cabai besar. Tanaman cabai dapat tumbuh baik dan tidak terganggu oleh penanaman tanaman kencur. Dengan ditanam kencur pada ruang tumbuh antar tanaman cabai dapat mengurangi pertumbuhan gulma. Setelah cabai selesai dipanen dan tanamannya dicabut maka diantara pertanaman kencur ini ditanam umbi bunga sedap malam. Baik tanaman kencur maupun tanaman sedap malam dapat tumbuh baik tanpa saling mengganggu. Menutup ruang tumbuh gulma pada areal pertanaman sehingga mengurangi biaya pengendalian gulma.

Yuk tanam kencur…..

Pin It