JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bunga Telang, si Cantik yang Berkhasiat Obat Kini Ada di IP2TP Banjarbaru

Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, Kementerian Pertanian melalui program kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) mampu menjadi solusi dalam menghadapi permasalahan pangan dalam skala rumah tangga. Selain tanaman pangan dan sayuran, salah satu tanaman yang dapat dikembangkan di pekarangan rumah tangga adalah tanaman hias yang dapat berfungsi sebagai obat seperti contohnya bunga telang (Clitoria ternatea L).

Dilansir dari buku berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia: Menguak Kekayaan Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 5, karya Setiawan Dalimartha, seluruh bagian tanaman bunga telang bisa dimanfaatkan sebagai obat. Tanaman bunga telang mengandung Saponin, Flavoid, alkaloid, ca-oksalat, dan sulfur. Akar bunga telang bersifat laksatif alias pencahar, peluruh kencing, meransang muntah, dan membersihkan darah. Sedangkan, daun bunga telang dipercaya bisa mempercepat pematangan bisul dan biji bunga telang bermanfaat sebagai obat herbal pencahar ringan.

Tanaman bunga telang juga ditanam di unit percontohan P2L di IP2TP Banjarbaru. Tanaman ini dapat ditanam dengan menggunakan biji dari polong yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Warna bunga telang yang indah sering dimanfaatkan sebagai pewarna alami untuk makanan atau minuman. Warna biru menunjukkan bunga telang ini mengandung antosianin yg bermanfaat sebagai antioksidan. Salah satu contoh minuman sederhana yang dapat dibuat misalnya teh bunga telang. Adapun cara membuat teh bunga telang cukup mudah yaitu dengan merebus lima hingga 10 bunga telang hingga warna di kelopaknya memudar. Dalam perebusan dapat ditambahkan serai untuk meningkatkan cita rasa. Setelah itu, disaring air yang sudah mendidih dan siap diminum air rebusan bunga telang tersebut. Supaya rasanya lebih lezat, dapat ditambahkan air perasan lemon.

Pin It