JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

PETRIKOR, Aroma Tanah Yang Dirindukan

Pernahkah mencium aroma khas tanah yang muncul ketika gerimis baru saja turun? Aroma alami nan lembut dari tanah kering yang tiba-tiba basah itu bernama petrikor. Aroma itu kerap membuat suasana gerimis menjadi romantis dan menjadi momen yang dirindukan. Manusia memang sejak berabad-abad seringkali merindukan hujan untuk bertahan hidup terutama untuk kegiatan pertanian.

Kata petrikor diambil dari Bahasa Inggris, petrichor, yang dicetuskan oleh dua peneliti Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) yaitu Isabel Joy Bear dari Australia dan Roderick G. Thomas dari Britania pada 1964. Petrichor berasal dari bahasa Yunani, petra yang berarti batu, dan ichor, cairan yang mengalir di pembuluh para dewa dalam mitologi Yunani.

Bau tersebut berasal dari senyawa atau minyak yang menempel di tanah kering. Ketika tanah kering menjadi basah terkena rintik air hujan, maka senyawa tersebut menguap ke udara yang membawa aroma yang unik. Kekuatan aroma seringkali terasa saat hujan gerimis dibanding hujan yang tiba-tiba deras. Itu karena saat hujan jatuh ke permukaan berpori, udara dari dalam pori membentuk gelembung kecil yang mengambang ke permukaan dan menjadi aerosol yang bergerak ke atmosfer. Tetes hujan yang bergerak lambat cenderung menghasilkan aerosol lebih banyak; sehingga petrikor lebih umum ada pada saat gerimis.

Banyak hipotesis darimana senyawa atau minyak tersebut berasal. Pertama, minyak dikeluarkan oleh tumbuhan tertentu saat cuaca kering, kemudian diserap oleh tanah dan batuan terutama partikel klei. Kedua, minyak tersebut berasal dari atmosfer yang mengendap ke permukaan tanah lalu diserap tanah. Ketiga, senyawa berasal dari aktivitas mikroba seperti bakteri, jamur, dan virus—bahkan tubuh mereka-yang memang kaya di dalam tanah. Prinsip dari ketiga hipotesa tersebut adalah senyawa dan minyak tersebut terserap ke dalam tanah, lalu mengering, dan menguap kembali saat hujan gerimis ke udara dalam bentuk aerosol.

Pin It