JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Itik SERATI – Itik Pedaging Unggul di Kalsel

Itik merupakan salah satu ternak unggulan di Kalimantan Selatan, karena daging dan telurnya mempunyai nilai dan tempat tersendiri di kalangan masyarakat.

Pemintaaan pasar akan daging itik dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Saat ini permintaaan tersebut baru dipenuhi oleh daging itik betina afkir dan itik jantan, dengan kualitas daging yang rendah. Salah satu upaya untuk menyediakan daging itik yang berkualitas baik, dapat dipenuhi oleh itik pedaging. Permintaan bibit itik pedaging dalam jumlah besar tidak dapat dipenuhi dengan cara pemeliharaan tradisional, melainkan harus dengan pemeliharaan sistem intensif. Bibit Itik pedaging yang dihasilkan merupakan persilangan antara itik Alabio betina dengan entog jantan, dengan teknologi inseminasi buatan (IB) dengan dosis IB 0,25 cc/ekor tanpa pengenceran. Teknologi IB secara sederhana dapat dilakukan petani/kelompok tani untuk menghasilkan bibit itik (DOD) dalam jumlah besar dan secara kontinyu.

Itik pedaging ini memiliki keunggulan antara lain pertumbuhannya cepat pada umur 2,5-3 bulan antara 1,9 -2,4 kg/ekor, efisiensi pakan  dan kualitas daging yang lebih baik. Harga anak itik (DOD) pedaging di pasaran lebih tinggi, dibanding harga DOD itik lokal lainnya, sehingga menpunyai nilai tambah pendapatan petani/peternak.

Teknologi ini telah berkembang di masyarakat, khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

(admin, agus hasbi)

Pin It