JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mengenal Teknologi Bank Pakan

Bank pakan (sumber: BPTP NTT)

Pengembangan sapi potong secara ekstensive (umbaran) dalam jumlah besar terkendala dalam penyediaan pakan yang cukup. Ketersediaan pakan ini akan semakin pelik pada saat musim kemarau. Pada musim kemarau produksi rumput sangat rendah bahkan tidak tumbuh sama sekali. Sehingga produktivitas sapi potong akan menurun. Hal ini diindikasikan dengan penurunan skor kondisi tubuh. Tentunya ini sangat berpengaruh terhadap produksi dan system reproduksi ternak sapi.

Bank pakan adalah wadah berbentuk rak yang dipergunakan untuk menyimpan sekaligus menyajikan pakan sumber serat (hijauan kering) yang penyediaannya secara system stok. Bank pakan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak sehingga ternak sapi dapat mengkonsumsi sumber serat setiap saat sepanjang hari secara ad libitum (tidak terbatas). Bank pakan memiliki manfaat dan keuntungan: 1) Penyediaan pakan sumber serat; 2) Efisiensi waktu dan tenaga kerja; 3) Mengurangi biaya pakan; 4) pakan selalu tersedia.Di lain pihak, potensi limbah tanaman pangan dan perkebunan sangat melimpah. Limbah-limbah ini menjadi peluang untuk dimanfaatkan sebagai cadangan pakan untuk menjamin ketersediaan pakan sapi potong. Namun pemanfaatan limbah ini memiliki beberapa kendala salah satunya adalah limbah tersedia sangat berlimpah hanya saat musim panen terutama pada limbah tanaman pangan seperti jerami padi dan jerami jagung. Sehingga limbah tanaman pangan ini perlu disimpan dan dijadikan sebagai stok. Teknologi yang cukup praktis dalam membuat stok pakan adalah bank pakan.

Secara umum bank pakan digunakan pada kandang kelompok atau pada system lepas di padang penggembalaan. Lokasi bank pakan harus mudah diakses kendaraan dan mempertimbangkan kemudahan dalam pengisian pakan. Prinsip lainnya dalam membuat bank pakan adalah memiliki bentuk dan kontruksi yang kuat tapi bahannya murah. Sehingga bank pakan tidak mudah roboh dan tidak membahayakan ternak. Bahan yang digunakan untuk membangun bank pakan adalah bahan yang tersedia disekitar lokasi peternakan seperti kayu, bamboo, besi atau beton cor. Sedangkan atapnya dapat menggunakan rumbia, genting, seng atau asbes.

Bank pakan didesain agar sapi dapat mengambil pakan dengan mudah, aman dan dari segala arah. Bank pakan juga didesain agar pakan yang dilapisan atas dapat turun kebawah apabila pakan dilapian bawah sudah dimakan ternak. Ukuran bank pakan diatur sedemikian rupa, namun harus memenuhi prinsip-prinsip di atas. Namun rekomendasi dari Loka Penelitian Sapi Potong Grati adalah tinggi 3 meter dan lebar 1 meter. Ukuran Panjang menyesuaiakan jumlah ternak. semakin banayak ternak makan bank pakan juga dibangun semakin Panjang. Untuk jumlah ternak 5-10 ekor, Panjang bank pakan 2 meter, untuk jumlah ternak 11-20 ekor, bank pakan dibuat Panjang 3 meter. Bank pakan dibuat Panjang 4 meter jika jumlah ternak 21-30 ekor. Contoh yang lain bentuk dan desain bank pakan adalah seperti gambar di bawah ini.

Pin It