JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peluang Bisnis Pepaya Merah Delima

Pertanaman pepaya merah delimaTanaman papaya Merah Delima memiliki warna daging buah orens dengan tingkat ketebalan daging buah mencapai >3 cm, memiliki rasa manis berkisar 11-14◦ Brix. Tanaman pepaya dapat ditanam di semua daerah di Indonesia dan tumbuh subur menyebar dari dataran rendah sampai tinggi, yaitu sampai 1000 m dpl dan dapat tumbuh dan beradaptasi dengan baik di lahan rawa pasang surut. Papaya Merah Delima ini merupakan VUB (Varietas Unggul Baru) yang dihasilkan oleh Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika, Batu, Jawa Timur, Kementerian Pertanian RI. Pepaya mengandung dapat menjadi sumber vitamin A, C, folat, kalium, asam lemak omega-3. Dalam 120 gram papaya mengandung 87 mg Vitamin c dan beragam serat makanan.

Berikut Deskripsi Pepaya Merah Delima (Balitbu, 2011):

  1. Panjang buah 21-30 Cm, lingkar Buah 30-40 cm
  2. Bobot buah : 0,8-1,9 kg,
  3. Kekerasan daging : 0,35-0,80 (kg/cm2),
  4. Kekerasan kulit : 0,68-0,88 (kg/cm2),
  5. Bentuk buah : Silindris,
  6. Warna daging buah Orange kemerahan,
  7. TSS : 11-14,50 Brix,
  8. Persentase yang dapat dimakan : 70-86%,
  9. Tebal daging : 2,5- 4,5(cm).
  10. Bentuk rongga buah : bintang bersudut lima
  11. Tekstur daging buah masak : Kenyal
  12. Vitamin C : 43,40- 98,25 mg/100g
  13. Umur berbuah 2-3 bulan setelah tanam,
  14. Umur panen buah pertama 7-8 bulan setelah tanam,
  15. Tinggi buah pertama 45-60 cm,
  16. Produksi : 70-90 (ton/ha/empat bulan)
  17. Jarak tanam 2,5x2,5 m,
  18. Jumlah populasi / ha : 1200 tanaman,
  19. Agak tahan hama Trips dan Apid

Pepaya Merah Delima saat ini sudah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. Seperti di daerah Sumatra Barat, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kepulauan Riau dan berbagai daerah lainnya.  Penyebaran ini tidak luput dari peran Kementerian Pertanian yang berusaha terus menerus mengembangkan dan menyebarkan melalui program KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yang didiseminasikan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di seluruh Indonesia. Masyarakat mulai tertarik mengembangkan papaya Merah Deliman karena tingkat produktivitas tanaman cukup tinggi mencapai 70 ton/Ha.

Budidaya pepaya Merah Delima

  1. Persiapan lahan. Bersihkan lahan dari gulma cangkullah tanah hingga gembur. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 40x40x50 cm dan jarak tanam 2x2 meter. Kemudian lubang tanam diisi dengan pupuk dengan campuran pupuk kandang dengan kapur dolomit untuk meningkatkan Ph tanah. Biarkan selama satu minggu dan tambahkan pupuk TSP dan insektisida furudan.
  2. Persiapan benih. Benih pepaya berasal dari biji kemudian biji dikecambahkan dengan cara merendam dan disimpan dalam wadah tertutup lalu di tutup dengan kain basah. Apabila suhu mencapai 30 °C maka biji akan berkecambah setelah 6-12 hari. Penyemaian dilakukan di polybag atau di dalam tray. Selanjutnya ditanam di lapang saat usia 30-40 hari dengan ciri terdapat 5-8 helai daun.
  3. Penanaman. Benih yang sudah siap tanam dimasukan dalam lubang tanam. Pastikan agar perakaran tidak rusak saat memindahkan tanaman ke dalam tanah. Kemudian biji yang telah diletakkan di anah di timbun. Setiap lubang tanam diletakkan dua bibit agar dapat diseleksi dan dipilihlah tanaman pepaya Merah Delima dengan bunga sempurna. Pepaya Merah Delima dapat ditanam dengan jarak tanam 2x2 m, sehingga produksi per hektar dapat lebih tinggi.

Pemeliharaan.

  1. Seleksi bunga sempurna. Tanaman ini berbunga setelah berumur dua bulan, maka dipilihlah tanaman yang memiliki bunga sempurna. Bunga sempurna mempunyai ciri yaitu dalam satu bunga ada serbuk sari dan putik, yang berjenis bunga lainnya dipotong di pangkal batang agar tidak tumbuh.
  2. Pemberian mulsa.  Mulsa atau penutup tanah berupa serasah atau jerami kering atau enceng gondok dan tanaman air lainnya. Tujuan agar menjaga kelembaban dan mencegah tumbuhnya gulma, mengatur suhu permukaan tanah dan menekan hama dan kesuburan tanah.
  3. Pemupukan, pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK 16-16-16. Cara melakukan pemupukan yaitu pupuk diletakan di lubang yang dibuat sekeliling tanaman papaya, sebaiknya tutup kembali lubang tempat meletakkan pupuk tersebut agar tidak mudah tercuci dan menguap ke udara. Setelah pemupukan harus disiram terlebih pada saat musim kemarau.
  4. Panen, pepaya ini dapat dipanen pada umur 7-8 bulan setelah tanam dan umur produktifnya dapat mencapai 2-3 tahun.

Peluang Bisnis Pepaya Merah Delima

Pepaya merah delima siap dipasarkanProduksi buah pepaya di Indonesia cenderung meningkat dari tahun ke tahun hingga mencapai 643.451 ton pada tahun 2006 (Departemen Pertanian, 2008). Potensi pengembangan buah pepaya Merah Delima secara komersial sangat tinggi. Tingkat konsumsi buah pepaya di Indonesia meningkat tajam seiring kesadaran masyarakat terhadap pentingnya konsumsi buah dan sayur untuk kesehatan. Keuntungan usahatani pepaya sangat tinggi dilihat dari parameter kelayakan usaha di tahun pertama dengan nilai minimal B/C ratio = 1,88.

Untuk saat ini pepaya Merah Delima sudah mengisi pasar swalayan di berbagai daerah di Indonesia dengan harga yang cukup menjanjikan (harga di pasar swalayan Rp.10.000/kg, pasar tradisional Rp.6.000-7.000/kg, sedangkan harga pada penjual/petani ke pedagang antara Rp.3.500-4.000/kg). Saat ini peluang ekspor seperti ke Negara China, Asia Tenggara dan Timur Tengah. Terlihat jelas bahwa pengembangan agribisnis pepaya mempunyai prospek bisnis yang sangat baik.

Bagi Negara Indonesia saat ini peningkatan luas panen, produktivitas kontinuitas, kualitas buah pepaya Merah Delima diperlukan untuk menjawab tantangan ekspor. Hal tersebut dapat dicapai apabila budidaya dilakukan dengan benar, pasca panen yang sesuai dan wilayah pengembangan yang merata. Bentuk keseriusan Indonesia dalam mengembangkan papaya Merah Delima terlihat bahwa sejak tahun 2013 salah satu perusahaan milik Negara dan perusahaan milik swasta.

Sumber:

Badan penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pertanian. 2015. Pepaya Merah Delima Berpotensi Bisnis. http://www.litbang.pertanian.go.id/info-aktual/2077/.

Balai Penelitian Tanaman Buah. Kementerian Pertanian. 2011. http://balitbu.litbang.pertanian.go.id/index.php/hasil-penelitian-mainmenu-46/183-varietas-unggul-baru-pepaya-merah-delima

Gaeha, 2018. Kebun Pepaya Merah Delima Mulai di Kembangkan Investor.  https://tabloidsinartani.com/detail/indeks/hortikultura/6595-kebun-pepaya-merah-delima-mulai-dikembangkan-investor

Dinnata RYW. 2020. Tingkatkan Imun Saat Pandemi dengan 7 sayur dan buah serat vitamin C buah. http://ayoyogya.com/read/2020/05/10/39344/tingkatkan-imun-saat-pandemi-dengan-7-sayur-dan-buah-sarat-vitamin-c


 

Pin It