JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

WANGINYA "BAROMA" DI LAHAN RAWA PASANG SURUT

Barito Kuala (07/09/2021) --- Bertempat di lahan sawah milik Kelompok Tani Rukun Tani Desa Karang Bunga, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala telah dilaksanakan panen padi Varietas Baroma dalam kegiatan Hillirisasi Inovasi Teknologi Padi di Lahan Pasang Surut Kalimantan Selatan. 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan dengan penanggungjawab kegiatan Ir. Rina Dirgahayu Ningsih, M.Si dan dihadiri oleh tamu undangan diantarannya: Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir. Syamsir Rahman, MS, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Barito Kuala Ir. Murniati, M.P, Camat Mandastana, Kepala Desa Karang Bunga, perwakilan Kamtibnas, perwakilan Babinsa, Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa, SMKPP N Banjarbaru, Kepala BPP, penyuluh pertanian dan POPT Kecamatan Mandastana serta anggota kelompok tani.

Padi varietas unggul Baroma merupakan hasil inovasi teknologi yang dimiliki oleh Badan Litbang Pertanian yang dilepas tahun 2019 dengan karakteristik umur panen 113 hari setelah sebar, potensi hasil 9.18 ton/ha GKG, bentuk beras ramping, wangi, agak tahan blas ras 033 dan yang paling penting adalah rasa nasi pera (amilosa 25.5%) sesuai dengan citarasa beras yang disukai warga Kalimantan Selatan. Berdasarkan hasil ubinan yang dilakukan diperoleh hasil rata-rata 8.9 ton/ha GKP dimana hasil tersebut mendekati dengan potensi rata-rata hasil yang diharapkan.

Dalam sambutannya Kepala BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan Dr. Muhammad Amin, M.Si mengatakan bahwa Badan Litbang Pertanian akan terus melakukan pendampingan terkait varietas unggul Baroma untuk dikembangkan lebih luas di Provinsi Kalimantan Selatan. Hal ini juga berkaitan dengan rencana kegiatan Food Estate di Kabupaten Barito Kuala untuk melakukan penguatan penangkaran benih dalam menyediakan benih secara massif untuk dikembangkan di Kalimantan Selatan.

Diakhir acara, peserta disuguhi konsumsi dengan menu nasi varietas Baroma dan ternyata benar wanginya Baroma di lahan rawa pasang surut.

#BPTPKalselUntukBanua

#PetaniSuksesNTPNaik

Pin It